Jumat, 29 Februari 2008

Tentang Eazy Six Sigma


Jika anda berharap mendapat definisi Six Sigma sebagai isi dari article pertama untuk blog ini mungkin anda akan kecewa karena saya tidak akan berbicara mengenai itu. Six Sigma bisa didefinisikan secara berbeda untuk setiap orang bahkan untuk para grand inventor dari Six Sigma sekalipun (Bill Smith, Mikel Harry, George Fisher). Tapi satu hal yang akan anda sepakati bahwa Six Sigma adalah sebuah Quality Inisiative yang bisa dikatakan fenomenal selama dua dekade terakhir menghapus TQM yang perlahan-lahan mulai memudar.


Bisa dikatakan hampir seluruh global company (non japanese) telah mengklaim menjalankan Six Sigma sebagai bagian dari strategi bisnis mereka. Pro kontra, joke-joke Dilbert, ataupun skeptimism akan selalu menyertai inisiasi awal dari pembelajaran Six Sigma di sebuah perusahaan atau individu. Lembaga-lembaga konsultan melempar quotation Six Sigma Belt System ke perusahaan perusahaan lokal dan hebatnya meski budgetnya tidak murah (jika tidak boleh disebut paling mahal) konsultan Six Sigma laris manis beberapa tahun belakangan ini. Dan tentu saja artikel Six Sigma menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari di Google Search (anda adalah salah satunya bukan?). Tidak berlebihan jika disebut fenomenal bukan?


Melihat penulis sebagai seorang Black Belts tentu anda akan berpendapat bahwa mungkin bahkan blog ini juga sebuah pesan sponsor dari jasa konsultansi. Tapi bila niat anda hanya ingin belajar mengenai Six Sigma dan perusahaan anda tidak bersedia mengirimkan anda ke training Six Sigma yang memang mahal itu silakan anda sedikit tersenyum karena apapun yang ada dalam blog ini adalah murni untuk Six Sigma Development.
Jadi, nikmati waktu anda untuk belajar. Akurasi dan presisi dari isi content ini bisa dijadikan project Six Sigma untuk anda (maksud kami anda diberikan wewenang untuk berkomentar ataupun melakukan revisi ;-p). Ketika dilakukan dengan semangat, Six Sigma bisa menjadi hal yang menyenangkan. So, have fun..

Tidak ada komentar: